BERANI BERKOMITMEN UNTUK SEKEDAR KUMPUL DAN TEPAT WAKTU
St. Yusup Kotabaru, proses pelantikan Orang Muda Katolik (OMK) di Paroki St. Yusup Kotabaru kali pertama dalam sejarah kepengurusan OMK sejak dibentuk di Paroki St. Yusup Kotabaru. Sebelumnya setelah dipilih dan ada susunan kepengurusannya langsung menjalankan aktifitas dan kegiatan baik dalam Gereja maupun diluar Gereja.
Pelantikan kali ini dilakukan dalam rangakain perayaan Ekaristi, dan secara kebetulan pada peristiwa Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga. (Minggu, 14/08/2016) di Gereja Katolik St. Yusup Kotabaru Pulau Laut.
Dalam keputusan Pastor Paroki ditetapkan masa kepengurusan 2 tahun yaitu 2016-2018. Hal ini dirasa cukup karena apabila terlalu panjang dimungkinkan bagi para pengurus sudah banyak yang menempuh pendidikan lanjut di tempat lain, demikian RP. Petrus Argo Yuwono, OAD dalam ungkapannya.

Romo Argo juga berpesan dalam homilinya, OMK harus mempunyai jati diri dalam aktifitasnya, seperti diteladankan oleh Bunda Maria dalam keseluruhan hidupnya yang setia kepada Sang Putra, walau dalam kondisi sulit bagaimanapun bahkan menemani-Nya sampai di kayu salib. Sudah bisa dipastikan dalam hidup dan karya Kaum Muda mempunyai ciri dan cara hidup yang sangat istimewa. Dan juga banyak suka-duka bersama baik dalam kepengurusan maupun dalam kehidupannya. Saat ini banyak manusia tidak mampu pegang komitmen, ujar Romo Argo. Walau sederhana sebuah komitmen sangat perlu dalam kegiatan OMK, sebagai contoh berani berkomitmen untuk sekedar kumpul dan tepat waktu, kegiatan pasti akan menyusul, lanjut Romo Argo.

 Setelah Homili selesai, Kepengurusan OMK St. Gabriel diketuai oleh Dionisius Andrean Sihombing yang adalah seorang muda yang menempuh belajar di SMA N 2 Kotabaru. Sebelum mengucap janji suci di hadapan Allah, depan Altar dan ditengah umat beriman sekalian, Koordinator Kaum Muda Dewan Pastoral Paroki (Ibu Melia Khosasih) membacakan SK Pastor Paroki dan memanggil satu persatu para pengurus untuk maju kedepan Altar.

Andrean, demikan panggilan Ketua OMK ini bersama-sama dengan kepengurusannya mengucapkan janji Di hadapan Allah serta seluruh umat – kami berjanji dengan hati tulus – akan menunaikan tugas pelayanan kami sebagai pengurus OMK Paroki Santo Yusup Kotabaru- masa bakti 2016-2018 dst.
Setelah prosesi janji kepengurusan OMK, ada penyerahan Stempel dan berkas kegiatan OMK periode sebelumnya dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Romo Argo selaku Pastor Paroki dan juga para Saksi yaitu Bp. Stefanus Handoyo dan Bp. Yordanis Andria. Perayaan Ekaristi dilanjutkan seperti biasa.(Rep: Agustinus_SBY,ft:Dany_S)


Komentar

Postingan Populer